Ngalor Ngidul

Posted: April 22, 2008 in Intermezzo

Ini selalu dikaitin ama ngomong ngalor ngidul, yg artinya kurang lebih ngomong or ngobrol ga jelas intinya or juntrungannya. Tp pada tau ga sih sbenernya kenapa “ngalor ngidul” yg dipake utk ngedeskripsiin ttg ngobrol2 ga jelas itu? Yakin deh, pasti dikit yg tau, kecuali kalo lo orang Jawa or pernah idup di Jawa. Iya kan?! *ngaku deh, kaga ngerti juga kan lo, huehehehe…*

Mo bukti? Nih gw ceritain. Kmrn malem nih, masih gres & anget banget, cewe gw lagi cerita dan dikit2 pake istilah ngalor ngidul. Ya udah, gw tanya aja iseng2. Ternyata cewe gw tangkas banget. Salut juga. Langsung jawab dengan bawel dan terkesan sangat cerdas. Gini jawabnya: “Jadi, ngalor itu berasal dari kata KALOR, yg artinya PANAS. Karna kepanasan, orang cenderung akan berjalan-jalan ke gunung. Nah ini, ngidul itu kan dari kata KIDUL, yg artinya GUNUNG” (ehm.. pdhl setau gw Kidul itu kan salah satu nama gunung). “Jadi… *masih cewe gw yg ngomong, dengan semangat berapi-api* … karna tu orang kepanasan, jadinya dia mondar-mandir aja ke gunung, bolak-balik. Ga jelas. Makanya… jadilah istilah ngalor ngidul itu…”. Sekian… *jd kaya dongeng Sangkuriang ga sih?!*

Hebat!!! Abis dia cerita gw cuma ketawa, krn ga bisa komen apa2 lagi *untung cuma ditelpon* Abis mo gimana lagi, kagum banget gw ama ni cewe. Kagum bercampur takjub (akan semangat dan ketangkasannya bercerita dgn spontan), ditambah geli (akan kelucuannya) plus kasian (akan pengetahuannya), huehehehehe… Bul..bul… Dua jempol deh buat lo. Salut banget gw!! Gw kaya lagi nonton audisi Indonesian Idol gitu deh, pas lagi performance dari peserta yg pede banget. Sayang, modalnya cuma itu: pede doang, hehehehe…. *no offense bul, cuma nyela*

Nih deh gw kasih tau, penjelasannya sederhana: ngalor dari kata LOR (bahasa jawa, artinya utara) dan ngidul dari kata KIDUL (artinya selatan, pastinya bahasa jawa lagi). Dah ngerti kan? Ini bisa dimaklumi krn suku Jawa adalah suku yg paling jago ngenalin arah mata angin di Indonesia. Trus kenapa harus ngalor-ngidul? Kenapa bukan ngulon-ngetan? (red: timur-barat, masih dalam bahasa jawa). Menurut Mas Jo, seorang pria Jawa asli Solo yg duduk di kubikal samping gw, alesannya krn ngalor-ngidul lebih enak aja secara pengucapannya. Krn dia orang Jawa asli, gw percaya dan ga protes.

Okeh, ngerti kan jadinya?! Baguuus… Crey, i still love you honey….

Comments
  1. Crey says:

    haduuuuuuuuuhhh, jadi memaluuu :o)namanya juga usaha, tapi make sense juga dong alesan gw, huehehehe :pudah ah daripada gw ngomong ngalor ngidul lagi :p

  2. toppunch says:

    iya crey, kan gw dah bilang, lo itu cerdas & tangkas… Dulu pernah ikut cepat tepat tvri yah?

  3. Bijuk says:

    hahahahha..crey namanya pasti sotoy dah… piss, crey!

Leave a Reply

